Semua Artikel Blog Ini tidak akan berdampak sebelum anda ACTION! Dream, Pray n' ACTION!

Tuesday, May 29, 2012

Jamill Azzaini | Nama MU Omset MU

Jamill Azzaini | Nama MU Omset MU

Saya punya usaha toko busana yang dikelola oleh istri. Perkembangannya biasa saja, bahkan 2 tahun setelah dibuka omsetnya cenderung menurun. Untuk menjaga semangat dan mencari suasana baru, istri  ikut kegiatan e-camp di Puncak yang diadakan oleh sahabat saya Jaya Yea.

Pulang dari e-camp istri mendapat coaching satu kali dari mas Jaya Yea, saya ikut menemani. Saat coaching mas Jaya menggunakan penganalogian yang sederhana. Ia mengibatkan konsumen sebagai semut. Katanya, bukalah bisnis di jalur dimana semut biasa lewat atau dekat dengan sarang semut. Ciptakan “gula” di dalam bisnis kita agar semut mau datang. Buat pula agar saat semut berjalan, ia mau melihat tempat usaha kita.

Ia juga menyarankan, “Ubah nama tokonya dengan nama yang mencerminkan barang dagangan yang dijual.”  Atas nasihatnya itu, nama toko yang semula ‘Riani Busana’ diubah menjadi ‘bocah shop’. Alasannya, karena barang-barang yang dijual di toko bocah shop adalah pakaian dan mainan anak. Sedangkan Riani Busana bisa ditafsirkan lebih banyak menjual busana untuk orang dewasa.

Sebagai “murid”, isteri saya menjalankan saran mas Jaya Yea dengan penuh kesungguhan. Tidak ada kata “tetapi” atau “nanti” dalam menjalankan saran seorang coach. Hasilnya? Memang langsung terasa. Hanya sekadar mengubah nama dari Riani Busana menjadi bocah shop dengan spanduk yang dibuat menarik, pengunjungnya langsung meningkat. Bahkan belum satu pekan nama diganti omset penjualan melesat mencapai nilai tertinggi dibandingkan omset penjualannya sebelumnya.

Terbukti, perubahan kecil bisa berdampak besar. Hanya dengan menghapus corat-coret di kereta dan gedung, angka kejahatan di kota New York saja bisa menurun sangat drastis. Begitu pula saat saya melakukan perubahan kecil, enggan menonton atau membaca berita-berita negatif secara berulang ternyata itu menjadikan saya lebih sehat dan segar.

Jangan sepelekan yang kecil, karena lubang kecil di gigi pun bisa membuat Anda tersiksa sepanjang hari. Begitu pula kebaikan kecil yang rutin Anda lakukan bisa mendatangkan kebahagiaan dan keuntungan dalam hidup Anda.

Salam SuksesMulia..

Penulis : Jamil Azzani




Mungkin Anda tertarik ingin membaca artikel ©Yusuf Mansur, Jamil Azzaini, Ippho Santosa. Jaya Setia Budhi, Inspirasi Bisnis yang lainya?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...